This blog is under FaceLift, to serve you better, Sorry for any incovinience...

About The Soonex

Get in Touch

Your e-mail address is incorrect. Please check it and try again.

Thanks for your subscription!

Waktu Subur

Kehamilan dalam sebuah kehidupan rumah tangga adalah tentunya akan menjadi idaman. Karena dengan kehadiran buah hati akan bisa meramaikan dan melengkapi suasana sebuah keluarga. Masa subur seorang wanita berkaitan erat dengan siklus haid. Menstruasi haid adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron. Periode ini penting dalam hal reproduksi. Pada wanita, biasanya akan terjadi dalam tiap bulannya antara usia remaja sampai menopause. Itu adalah pengertian haid datang bulan.

Cara Rumus Menghitung Masa Subur

Setelah kita mengetahui akan siklus haid maka kita beranjak ke masa subur wanita. Yang dimaksud dengan masa subur adalah suatu masa yang berada dalam siklus menstruasi wanita dimana waktu tersebut sel telur yang telah matang siap untuk dibuahi. Sehingga bila istri melakukan hubungan seksual pada waktu tersebut kemungkinan akan membuahkan kehamilan akan lebih besar.

Pengertian masa subur yang lainnya adalah masa yang berada disekitar waktu keluarnya sel telur tersebut (pada umumnya bagi yang mempunyai siklus menstruasi 28-30 hari berada antara hari ke 12 hingga hari ke 18 dihitung dari hari pertama menstruasi ). Pada saat tersebut tingkat kesuburan wanita yang berpotensi sebuah kehamilan jika berhubungan.

Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bila kita akan menentukan dan menghitung masa subur ini. Cara menghitung masa subur ini kita perlu perhatikan beberapa aspek berikut ini :

Sistem Kalender.

Sistem ini biasanya juga digunakan oleh pasangan suami istri ketika menggunakan KB alami atau disebut pula dengan kontrasepsi alami. Dengan sistem kalender ini akan bisa dihitung masa subur dan masa tidak subur pada seorang wanita. Yang menginginkan kehamilan tentunya pula bisa menggunakan metoda ini untuk berusaha mendapatkan momongan. Cara menghitungnya perlu tahu juga apakah siklus haid teratur atau tidak teratur. Bagi yang teratur menstruasinya masa subur anda akan berlangsung 14 +/- 1 pada hari haid berikutnya. Ini berarti bahwa masa subur anda berlangsung pada hari ke 13 sampai hari ke 15 sebelum tanggal haid yang akan datang.

Bila menstruasi tidak teratur maka kita harus tahu siklus selama 6 bulan dahulu. Jumlah hari pada siklus terpanjang yang didapatkan, dikurangi dengan 11 akan diperoleh hari subur terakhir dalam siklus haid tersebut. Sedangkan dari jumlah hari pada siklus terpendek dikurangi 18, maka dari ini akan diperoleh hari subur pertama dalam siklus haid tersebut.

Kita bisa ambil contoh sebagai berikut : siklus terpanjang = 31, sedangkan siklus terpendek = 26, maka masa subur dapat dihitung, 31 - 11 = 20, dan 26 -18 = 8, jadi masa subur berlangsung pada hari ke 8 sampai hari ke 20. Ketika kita mengetahui akan masa subur tersebut maka berhubungan suami istri pada saat itu tepat sekali dan dianjurkan.

Mengukur temperatur suhu tubuh.

Normal suhu tubuh berada dalam kisaran 35,5 – 36 derajat celsius. Saat ovulasi berlangsung maka suhu bisa mencapai 37 – 38 derajat celcius dan tidak akan kembali ke suhu normal 35 derajat. Kenaikan suhu tubuh terjadi apabila sudah terbentuknya hormon progesteron yang bertugas menyiapkan jaringan dalam rahim untuk menerima sel telur yang telah di buahi.

Hanya saja cara ini tidak semudah cara dan rumus menghitung masa subur yang pertama. Pengukuran ini dilakukan pada saat bangun tidur dengan memasukkan termometer ke dalam dubur atau mulut vagina selama 5 – 6 menit. Tutup kembali mulut vagina selama pengukuran berlangsung, lakukan hal ini setiap hari pada jam yang sama selama 3 bulan.

Dengan melakukan pemeriksaan dengan USG.

Dengan alat yang satu ini akan lebih jelas terlihat karena pemeriksaannya langsung melihat organ-organ dalam yang berkaitan dengan organ reproduksi wanita.

Melakukan pemeriksaan dengan alat uji masa subur.

Alat uji masa subur ini atau disebut pula dengan ovulation test adalah hal yang paling mudah dalam melakukan cara tahu masa subur wanita. Bekerjanya alat bantu tes ini adalah mendeteksi perubahan-perubahan yang terjadi di dalam tubuh sesaat sebelum ovulasi. Sahabat-sahabat bisa langsung menanyakan di tempat apotik yang menjual alat ini. Dan bagaimana cara bekerjanya serta kapan waktu memeriksanya. Karena alat ini bisa ditemukan di apotik-apotik juga.

0 Komentar untuk "Waktu Subur"
Back To Top